TIP USAHA CETAK UNDANGAN PEMULA

 Assalamualaikum wr,wb

Halo semua.. 

pada kesempatan kali ini kami akan berbagi atau sharing pengalaman kami sendiri tentang bagaimana kita memulai menjalankan usaha cetak undangan rumahan. 

Hampir semua orang memiliki pandangan bahwa untuk menjalankan usaha cetak undangan atau usaha percetakan harus memiliki mesin cetak yang besar, tentunya hal ini membuat kita yang memilki modal usaha minim akan berfikir ulang atau langsung memutuskan untuk tidak menjalankan usaha ini. 

Sangat disayangkan apabila anda langsung memutuskan untuk tidak melanjutkan niat usaha ini, karena masih ada cara-cara lainnya agar niat anda untuk menjalankan usaha ini bisa berjalan. 

Jika anda tidak memiliki mesin cetak, anda bisa menggunakan mesin orang lain sebagai tempat cetak, dan kita hanya mengirim file atau blangko yang akan kita cetak, anda tinggal membayar berapa biaya ongkos cetak nya saja. 

Untuk cetak undangan blangko anda bisa menggunakan printer rumah/kantor , karena sudah banyak printer-printer rumah/kantor yang memiliki kemampuan professional dalam dunia cetak. 


Beberapa hal yang harus di perhatikan untuk memulai usaha cetak undangan.

1. NIAT

    Ya... niat... apakah anda benar-benar memiliki tekad dan niat yang kuat untuk memulai usaha ini, tanpa niat yang kuat sulit untuk anda memulainya. niat yang kuat bukan hanya sekedar Nekat.. Pastikan anda benar-benar memiliki tekad dan niat yang mantap.

2. KEMAMPUAN MENJALANKAN PROGRAM PROGRAM DESIGN

    Dalam hal ini anda belum perlu untuk menjadi mahir dalam menggunakan beberapa program design, walaupun kemahiran akan mendukung usaha yang akan anda jalankan. Beberapa program yang umum di gunakan untuk design atau setting adalah : Coreldraw, Photoshop, Adobe Illustrator dll, menyesuaikan dengan kebiasaan anda. Program-program ini digunakan untuk me-layout atau setting undangan yang akan anda buat.

3. KOMPUTER DAN SCANNER

    Perangkat ini digunakan untuk me-layout design yang akan anda buat.

4. TOKO KEBUTUHAN PERCETAKAN

    Yang dimaksud toko kebutuhan percetakan adalah, anda mengetahui lokasi toko-toko yang menjual jenis-jenis kertas yang diperlukan untuk pencetakan undangan atau toko-toko yang menjual blangko undangan, saat ini penjualan berbagai perlengkapan percetakan sudah banyak di media online.

5. PRINTER

    Seperti yang sudah di sampaikan pada awal, umumnya usaha cetak menggunakan mesin cetak khusus, tapi bukan berati penggunaan printer rumahan tidak bisa, saat ini sudah banyak usaha cetak undangan menggunakan media printer, yang penting adalah printer tersebut memiliki kualitas cetak yang baik, terutama untuk cetak photo, seperti anda ketahui bahwa ada undangan yang hanya teks saja, ada juga undangan yang disertakan photo mempelai, oleh karena itu printer harus memiliki kualitas yang baik. Hanya saja beberapa printer hanya bisa mencetak maximal ukuran kertas A4, untuk cetak ukuran A3 anda harus memiliki printer yang dapat mencetak di kertas ukuran A3. 

6. MARKETING

    Setelah anda memahami dan memilki kesiapan dalam usaha ini, saat nya kita menunggu order masuk.. mudahkah..? tentu bukan hal yang mudah untuk menjadikan usaha anda di jumpai atau di hubungi oleh customer. Kita perlu pemasaran atau memperkenalkan usaha kita.. 

Pada saat sekarang ini sudah banyak media-media online yang dapat anda gunakan untuk memperkenalkan usaha anda. Dan dengan berbagai cara, lakukanlah tekhnik pemasaran yang baik, jangan menyerah, mulailah dari orang-orang terdekat, keluarga, teman, untuk ikut memasarkan usaha anda.

belum tentu dalam waktu cepat anda akan mendapatkan order.. terus berusaha.. mintalah ulasan-ulasan kepada customer yang sudah memesan. agar kualitas toko atau usaha anda semakin membaik.

7. PELAYANAN

    Customer adalah RAJA, layanilah customer anda sebaik mungkin, usahakan anda terus bisa mengakomodir semua keinginan customer, jangan pernah mengatakan anda tidak bisa.. carilah kalimat lain jika anda tidak memiliki kemampuan untuk order tertentu. jika ada order yang anda tidak mampu, anda bisa lempar order tersebut ke rakan-rekan percetakan lain. 

8. MITRA KERJA

    Ketika anda menjalankan sebuah usaha, pastikan juga anda memiliki kenalan yang memilki jenis usaha yang sama, anda bisa tukar pikiran, lempar order, atau hal-hal lainnya yang membuat anda tetap bisa menjalankan order dari customer.

Demikianlah sedikit pengalaman yang pernah kami lakukan sampai saat ini, semoga bermanfaat untuk kita semua, khususnya bagi kami agar selalu memiliki semangat yang tinggi. 

Dan tentunya setiap orang memilki pengalaman yang berbeda-beda, menyesuaikan dengan kondisi yang terjadi.

terima kasih dan mohon maaf jika ada hal-hal yang kurang berkenan


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Produk Baru